Langsung ke konten utama

Bertandang ke Dusun Bambu Bandung

Sumber: dusunbambu.com
Copy-Paste - Hi guys, sekarang saya akan menulis dengan tema yang baru di blog ini yaitu "Traveling". Ya walaupun mungkin objek yang saya kunjungi bukan objek yang menjadi salah satu list real traveller tapi merupakan salah satu objek favorit liburan keluarga di Bandung dan sekitarnya.

Objek yang saya kunjungi adalah Dusun Bambu Family Leisure Park. Dusun Bambu berlokasi di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Dusun Bambu dapat dicapai dengan mengendarai mobil sekitar 40 menit dari kampus Universitas Pendidikan Indonesia, kebetulan saat itu saya memang berangkat dari kampus UPI. Untuk mencapai Dusun Bambu dengan kendaraan pribadi cukup mudah. Lokasinya jelas jika kita menggunakan Google Map, Waze atau aplikasi semacamnya. Akan tetapi jangan sampai kita lupa mengisi bensin terlebih dahulu karena belum ada POM Bensin di daerah sekitarnya meskipun terdapat beberapa penjual bensin eceran di pinggir jalan. Jalan yang ditempuh menuju lokasi tidak terlalu lebar dan berbukit-bukit, jadi disarankan agar yang membawa kendaraan adalah orang yang terbiasa di jalanan seperti itu.

Suasana yang saya rasakan pertama kali sampai disana sejuk dan asri, tak heran objek ini cukup terkenal. Di sana kita tidak dapat dengan leluasa menggunakan kendaraan pribadi karena tempat parkir kendaraan berada tepat sebelum loket masuk. Meskipun disana juga disediakan mobil yang bisa mengantarkan pengunjung ke center point dari Dusun Bambu dengan gratis, mobil ini dinamakan "wara-wiri" di sana, tapi saya menyarankan untuk memilih berjalan kaki agar dapat menikmati hawa sejuk di sana.


Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi
Tepat setelah melewati loket masuk kita akan disajikan sawah-sawah dengan jembatan bambu yang bisa disusuri di tengah-tengah sawah ini. Setelah berjalan beberapa menit kita akan menemukan beberapa tempat seperti tempat makan dan tempat souvenir maupun belanja. Adapun beberapa tempat yang saya kunjungi:

Burangrang
Burangrang Dapur Indonesia, sebagaimana terlihat dari namanya Burangrang merupakan tempat penjualan rempah-rempah Indonesia yang sebagiannya disajikan dalam bentuk jamu.
Sumber: Dokumen Pribadi
Desain bangunan dan interior di Dusun Bambu ini banyak didominasi kayu dan bambu. Kesan yang terasa oleh pengunjung adalah alami tetapi modern. Dengan desain seperti itu saya rasa jadi ada banyak spot yang instagramable buat pengunjung.

Di sini terdapat berbagai pilihan tempat makan, ada Kafe Burangrang, Restoran Purbasari, dan Restoran Lutung Kasarung.

Pasar Khatulistiwa
Pasar Khatulistiwa adalah pasar yang menjual kerajinan tangan dan oleh-oleh khas Jawa Barat. Untuk berbelanja di sini pengunjung harus menukarkan uangnya dengan voucher terlebih dahulu. Voucher yang dimiliki pengunjung tidak bisa ditukar dengan uang lagi, jadi saya sarankan sebelum menukarkan dengan voucher kita sudah terlebih dahulu memperhitungkan berapa yang ingin dibelanjakan.
Sumber: dusunbambu.com
Di pinggir dan atas pasar ini juga dijual berbagai makanan tradisional dengan harga cukup terjangkau berkisar antara Rp 15.000 - Rp 65.000. Di bagian atas dan luar Pasar Khatulistiwa ini lah salah satu tempat makan yang mengangkat tema kafe modern dengan suguhan pemandangan indah yaitu Kafe Burangrang.

Kafe Burangrang
Karena saya datang saat weekdays sangat beruntung saya bisa memilih tempat duduk dengan view yang paling indah. Suasananya juga semakin nyaman karena tidak banyak pengunjung. Menu makanan yang saya beli saat itu dan berkesan adalah tempe mendoan dan paket nasi liwet bakarnya. Nasi khas sunda satu ini memang selalu berhasil menggugah selera saya, apalagi dengan dibakar nasinya memiliki aroma yang semakin nikmat, sayangnya saya tidak bisa menemukan menu kesukaan saya yaitu ikan gurame dan ikan asin di sini.
Sumber: Dokumen Pribadi

Sumber: Dokumen Pribadi
Restoran Purbasari
Restoran ini jaraknya berdekatan dengan kafe Burangrang. Berbeda dengan kafe Burangrang, restoran Purbasari memberikan suasana makan di pinggir danau dengan ruangan-ruangan yang indah. Setiap tempat makan di sini memang memberikan keunikan masing-masing, soal mau pilih yang mana tinggal kita sesuaikan saja dengan selera dan budgetnya.
Sumber: Dokumen Pribadi
Lutung Kasarung
Lutung Kasarung inilah yang menurut saya paling unik di Dusun Bambu. Pengunjung disuguhi tempat makan dengan konsep rumah pohon yang menyerupai sarang burung dan menempel pada pohon-pohon tinggi. Tempatnya super cozy dan super instagramable pastinya. Sesuai dengan keunikannya, untuk makan di sini pengunjung harus reservasi terlebih dahulu dan menyewa ruangan. Terdapat dua jenis ruangan yaitu besar dan kecil dengan rate per jamnya berbeda. Untuk menyewa ruangan besar dikenai biaya Rp. 250.000/jam dan untuk ruangan kecil Rp. 150.000/jam dan ini belum termasuk biaya makan dan minumnya.
Sumber: www.rajatourbandung.com
Setelah makan saya melanjutkan menikmati suasana Dusun Bambu ini. Dusun Bambu terkenal dengan danaunya, sehingga saya tertarik untuk menikmati keindahannya dengan menaiki perahu di danau ini. Ini juga danau yang dikelilingi dengan restoran Purbasari yang saya sebutkan di awal. Ada tiga pilihan perahu yang bisa kita naiki, perahu dayung kecil, perahu dayung besar, dan perahu lingkaran yang digerakkan dengan mesin. Untuk bisa menaiki perahu dayung kecil ini pengunjung cukup membayar Rp. 10.000 untuk 10 menit. Pengunjung tidak perlu takut tenggelam karena danau ini dalamnya hanya sekitar 1,2 m dan tidak terdapat hewan buas sehingga sangat aman untuk pengunjung.
Sumber: dusunbambu.com

Sumber: Dokumen Pribadi
Masih banyak tempat yang bisa dikunjungi dan dieksplorasi di Dusun Bambu ini, bahkan fasilitas menginap berupa villa maupun camping ground pun tersedia. Namun karena saya tidak bisa berlama-lama di sini maka saya akhiri perjalanan singkat ini dengan mendayung di danau.

Adinda Kamilah.

Komentar

  1. Ooh, baru tau gue namanya lutung kasarung :D. Gue waktu kesini ga banyak mampir din.. Liat dinda naik perahu jadi mau nyobain ntar kalo kesana lagi..

    BalasHapus
  2. Ooh, baru tau gue namanya lutung kasarung :D. Gue waktu kesini ga banyak mampir din.. Liat dinda naik perahu jadi mau nyobain ntar kalo kesana lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, udah tau dari lama dan pengen ke lutung kasarung tapi pas kesana malah ga makan di lutung kasarung nyata :D kalo ke sana lagi bareng boleh haha

      Hapus
  3. Din blog hoax lo masih blum di blokir ama pemerintah? Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya malah mau direkomendasikan sebagai situs terpercaya, entahlah pi wkwkwk

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Super Mudah Memahami Kesebangunan Trapesium (part 1) #MathMate

Copy-Paste - Pada bab kesebangunan ada beberapa bangun datar yang umum digunakan, di antaranya kesebangunan segitiga dan jajargenjang. Bisa dikatakan kesebangunan segitiga dan jajargenjang cukup mudah dibandingkan kesebangunan pada trapesium. Ada dua trapesium yang akan diulas di blog ini yaitu trapesium siku-siku dan trapesium sembarang. Trapesium Siku-Siku Bagaimana perbandingan sisi-sisi pada trapesium siku-siku? Biasanya yang diketahui adalah salah satu panjang ruas garis CD atau EF atau AB dan diketahui perbandingan sisi DE dan EA atau perbandingan sisi CF dan FB. Kita bisa gunakan kesebangunan segitiga pada masalah ini. Tambahkan beberapa garis seperti pada gambar di bawah. Sekarang, bisa kita lihat bahwa AQCD membetukmepersegi panjang, akibatnya CD = PE = QA.  Selain itu, segitiga CPF sebangun dengan segitiga CQB. Artinya, kita punya perbandingan sebagai berikut: Jadi, didapatkan persamaan sebagai berikut: atau Bagaimana? Cukup mudah bukan? Contoh soal

Permainan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel #MathMate

Copy-Paste - Suasana kelas belakangan ini sangat lesu, anak-anak tidak terlalu memperhatikan penjelasan dan malas-malasan mengerjakan tugas. Dalam keadaan seperti ini, saya dituntut untuk membangkitkan semangat mereka lagi. Sudah berhari-hari puter otak mencari ide, di kepala, di internet, hasilnya nihil. Eh, suatu malam saat sedang nutor online ada siswa bertanya soal dalam bentuk teka-teki yang cukup menarik. Wah, ilham datang dari mana saja yaa. Ya sudah saya eksekusi, bikin lembar kerja kelompok dalam bentuk teka-teki untuk latihan soal materi sistem persamaan linear dua variabel. Di soal yang siswa saya tanya ada beberapa SPLDV yang tidak tepat jawabannya saya utak-atik sedikit dulu deh.  Begini hasil utak-atik dan ketik ulang teka tekinya. Bisa dibilang levelnya mudah ya.  Bagaimana reaksi siswa saat diberikan tugas ini? Alhamdulillah bersemangat. Karena kegiatannya mandiri dan berkelompok saya persilahkan siswa untuk mengerjakan di luar kelas. Belum saya jelaskan c

Ternyata Matematika Ada dalam Hadits Rasulullah #MathMate

Copy-Paste - Jika kalian berpikir bahwa matematika itu hanya ada di buku maka kalian keliru. Matematika sangat dekat dengan kita dalam kehidupan. Setelah mempelajari matematika ternyata kita dapat 'melihat' matematika dalam berbagai hal di sekitar kita salah satunya pada Hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengenai orang yang bangkrut. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim menceritakan tentang definisi orang bangkrut menurut Islam. Hadits itu berbunyi: أَتَدْرُوْنَ مَا الْمُفْلِسُ؟ قَالُوْا: الْمُفْلِسُ فِيْنَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ. فَقَالَ: إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ، وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا، فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ. فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ، أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ "Tahukah kalian sia