Langsung ke konten utama

Panduan Jalan-Jalan ke TMII 2023 dan Tips untuk yang Membawa Keluarga

Copy-Paste - Setelah revitalisasi yang dilakukan di TMII, di tahun 2023 ini semakin banyak orang-orang yang penasaran gimana wajah baru TMII termasuk kita. Langsung lah kita kumpulkan informasi untuk jalan ke TMII bersama dua balita. Nah, setelah akhirnya terealisasi, aku rasa banyak juga di sini pencinta TMII yang perlu informasinya.
Berapa tiket masuk TMII?
Tiket masuk orang: Rp25.000
Tiket masuk mobil: Rp25.000
Tiket masuk motor: Rp15.000
Tiket masuk sepeda: Rp25.000
Tiket masuk orang + sepeda: Rp50.000, sedang diskon menjadi Rp35.000
Tiket masuk bus/truk: Rp50.000
Pemesanan tiket bisa dilakukan online dan juga on the spot, tapi pembayaran tiket di tempat hanya melayani dengan pembayaran cashless seperti debit, gopay, dll.
Untuk informasi lengkap harga tiket, bisa dicek di www.tmii.com.

Apakah boleh bawa kendaraan ke dalam lokasi TMII?
TMII sekarang menerapkan konsep green space di mana kendaraan beremisi dilarang masuk. Alhasil, kendaraan bermotor seperti bus, mobil dan motor tidak boleh masuk dan harus diparkir di lokasi parkir yang sudah ditentukan dekat gate 1 dan gate 3 TMII. Sedangkan jika kendaraan yang dibawa bebas emisi seperti mobil listrik, motor listrik, sepeda, atau otoped diperbolehkan masuk dan sudah disediakan parkir di kantong-kantong parkir di dalam. Untuk hilir mudik di dalam TMII, pejalan kaki disediakan fasilitas gratis berupa shuttle listrik yang bisa dinaiki dari halte. Saat ini, pengunjung yang berjalan kaki hanya bisa masuk melalui gate 3. Halte shuttle terdekat dari pintu masuk berada di dekat anjungan provinsi Bengkulu yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki 10 menit dari gate 3.

Shuttle yang disediakan terbatas. Sedangkan di hari ramai seperti hari libur nasional, antrian bisa menjadi panjang. Seandainya shuttle penuh, ada baiknya kalian bersiap untuk jalan kaki. Untuk menghemat energi, siapkan dulu peta TMII di HP dan tentukan tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Saran saya, naik shuttle untuk menuju tempat paling jauh dari gate keluar. Kemudian, lanjut ke tempat-tempat yang mengarah ke pintu keluar sehingga tidak terlalu jauh jika harus berjalan kaki ketika pulang.

Unduh peta TMII 2023 di sini.
Berapa harga sewa kendaraan di dalam TMII?
Selain shuttle, pengunjung bisa menyewa kendaraan ramah lingkungan di dalam TMII. Ada beberapa titik penyewaan kendaraan, di depan kori agung museum Indonesia dan dekat istana anak. Harga penyewaan tahun 2023 ini adalah sebagai berikut.
Sepeda single Rp25.000/jam
Sepeda tandem Rp30.000/jam
Sekuter listrik Rp35.000/setengah jam atau Rp25.000/15 menit
Boogy car kapasitas 4 orang Rp300.000/2 jam
Boogy car kapasitas 6 orang Rp500.000/2 jam
Sepeda listrik roda tiga Rp60.000/setengah jam atau Rp100.000/jam
Kendaraan-kendaraan ini disewa di lokasi dan dikembalikan di lokasi sewa yang sama. Untuk yang hanya ingin berkeliling melihat-lihat, kendaraan ini bisa jadi salah satu opsi. Tapi jika ingin digunakan untuk hilir mudik selama di TMII, rasanya kendaraan akan lama diparkir di tempat-tempat yang dikunjungi sehingga biaya sewanya jadi mahal.
Untuk parent yang membawa balita mungkin bertanya apakah sepeda di TMII memiliki boncengan untuk balita. Sejauh ini sepeda-sepeda yang disewakan tidak memiliki boncengan, sehingga untuk orangtua lebih cocok untuk menyewa kendaraan lain atau naik shuttle gratis yang disediakan.
Apa saja situs yang gratis di dalam TMII?
Semua anjungan daerah gratis di dalam TMII, tapi di tahun 2023 ini, beberapa anjungan daerah tidak bisa dimasuki dan hanya bisa dilihat dari luar seperti anjungan Jawa Timur, anjungan Banten, dan anjungan Sumatra Selatan. Istana anak yang banyak dicari pengunjung juga belum dibuka fasilitasnya. Pengunjung hanya bisa berfoto dari depan maupun dari belakang istana secara gratis. Museum Timor-Timur, museum penerangan, museum hakka dan chengho, dan museum batik Indonesia semuanya gratis. Sedangkan museum dan situs lainnya mengenakan harga tiket bervariasi mulai dari Rp5.000 - Rp80.000.
Apa saja situs yang belum dibuka?
Setelah revitalisasi di tahun 2022, sebagian besar situs dan wahana di TMII sudah dibuka. Tapi di tahun 2023 ini, masih ada beberapa yang belum siap untuk dibuka atau ditutup sementara.
1. Taman Legenda Keong Mas
2. Taman Burung
3. Museum Fauna Indonesia
4. Istana Anak Indonesia (hanya bisa untuk berfoto)
5. Museum Indonesia
6. Museum Pusaka
7. Museum Asmat
8. Bayt Al-Quran
9. Museum Minyak dan Gas Bumi
Beberapa museum di atas hanya tutup sementara, jadi mungkin sudah dibuka kembali ketika kalian berkunjung ke sana.

Apakah sulit mencari penjual makanan di dalam TMII?
Saat ini TMII memang sudah dirapihkan, tetapi ternyata cukup banyak dan sering penjual makanan asongan yang bisa ditemui di sana terutama di hari libur nasional atau akhir pekan. Kebanyakan pedagang menjual minuman, tapi ada beberapa tempat seperti museum transportasi dan anjungan Sumatra Barat memiliki spot makan yang menjual makanan berat. Selain itu, menurut informasi di sana juga ada tempat-tempat makan besar seperti CFC. Adapun cara pembayarannya masih menggunakan uang cash, jadi meskipun tiket masuk dibayar cashless, banyak venue dan sebagian besar pedagang tidak menerima selain cash. Jadi, pastikan kalian membawa cash ke sana. Untuk jaga-jaga tetap bawa sedikit bekal untuk persiapan kalau lapar atau haus selama berkeliling ya.
Bagaimana dengan mushalla dan toilet di TMII?
TMII memiliki masjid yang cukup besar di dalam lokasi. Selain itu, banyak juga mushalla yang tersedia di hampir setiap situs. Mushalla ini juga sudah dilengkapi dengan toilet yang cukup bersih dan kabar baiknya toilet-toilet yang kami temui tidak berbau seperti di fasum pada umumnya. Jadi, tidak perlu khawatir bagi yang membutuhkan toilet dan mushalla di TMII ya.

Sejauh ini, TMII di tahun 2023 setelah revitalisasi sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Bagi kalian yang tidak begitu kuat berjalan kaki jauh, maka kalian perlu benar-benar mempersiapkan akan menggunakan kendaraan apa di dalam TMII. Untuk yang ingin menikmati shuttle gratis tanpa antrian terlalu panjang, datanglah di pagi hari atau di luar hari libur ya.

Adinda Kamilah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Super Mudah Memahami Kesebangunan Trapesium (part 1) #MathMate

Copy-Paste - Pada bab kesebangunan ada beberapa bangun datar yang umum digunakan, di antaranya kesebangunan segitiga dan jajargenjang. Bisa dikatakan kesebangunan segitiga dan jajargenjang cukup mudah dibandingkan kesebangunan pada trapesium. Ada dua trapesium yang akan diulas di blog ini yaitu trapesium siku-siku dan trapesium sembarang. Trapesium Siku-Siku Bagaimana perbandingan sisi-sisi pada trapesium siku-siku? Biasanya yang diketahui adalah salah satu panjang ruas garis CD atau EF atau AB dan diketahui perbandingan sisi DE dan EA atau perbandingan sisi CF dan FB. Kita bisa gunakan kesebangunan segitiga pada masalah ini. Tambahkan beberapa garis seperti pada gambar di bawah. Sekarang, bisa kita lihat bahwa AQCD membetukmepersegi panjang, akibatnya CD = PE = QA.  Selain itu, segitiga CPF sebangun dengan segitiga CQB. Artinya, kita punya perbandingan sebagai berikut: Jadi, didapatkan persamaan sebagai berikut: atau Bagaimana? Cukup mudah bukan? Contoh soal

Permainan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel #MathMate

Copy-Paste - Suasana kelas belakangan ini sangat lesu, anak-anak tidak terlalu memperhatikan penjelasan dan malas-malasan mengerjakan tugas. Dalam keadaan seperti ini, saya dituntut untuk membangkitkan semangat mereka lagi. Sudah berhari-hari puter otak mencari ide, di kepala, di internet, hasilnya nihil. Eh, suatu malam saat sedang nutor online ada siswa bertanya soal dalam bentuk teka-teki yang cukup menarik. Wah, ilham datang dari mana saja yaa. Ya sudah saya eksekusi, bikin lembar kerja kelompok dalam bentuk teka-teki untuk latihan soal materi sistem persamaan linear dua variabel. Di soal yang siswa saya tanya ada beberapa SPLDV yang tidak tepat jawabannya saya utak-atik sedikit dulu deh.  Begini hasil utak-atik dan ketik ulang teka tekinya. Bisa dibilang levelnya mudah ya.  Bagaimana reaksi siswa saat diberikan tugas ini? Alhamdulillah bersemangat. Karena kegiatannya mandiri dan berkelompok saya persilahkan siswa untuk mengerjakan di luar kelas. Belum saya jelaskan c

Ternyata Matematika Ada dalam Hadits Rasulullah #MathMate

Copy-Paste - Jika kalian berpikir bahwa matematika itu hanya ada di buku maka kalian keliru. Matematika sangat dekat dengan kita dalam kehidupan. Setelah mempelajari matematika ternyata kita dapat 'melihat' matematika dalam berbagai hal di sekitar kita salah satunya pada Hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengenai orang yang bangkrut. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim menceritakan tentang definisi orang bangkrut menurut Islam. Hadits itu berbunyi: أَتَدْرُوْنَ مَا الْمُفْلِسُ؟ قَالُوْا: الْمُفْلِسُ فِيْنَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ. فَقَالَ: إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ، وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا، فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ. فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ، أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ "Tahukah kalian sia