Langsung ke konten utama

Tips Sukses Belajar Matematika #MathMate

Sumber gambar : blog.reallygoodstuff.com
Copy-Paste - Jam pelajaran matematika jadi jam yang paling menakutkan? Ulangan matematika adalah saat-saat berangkat ke sekolah jadi berat? Dapet PR matematika adalah beban hidup? Kalau iya, berarti kamu harus baca sampai akhir tips belajar matematika ini.

1. Jangan terbebani, cari motivasi

Langkah pertama adalah kamu harus hipnotis diri kamu sendiri bahwa matematika itu bisa dipahami. Caranya? Relaks dan anggap matematika sebagaimana pelajaran-pelajaran lain yang kamu suka. Mengatakan matematika itu susah ataupun bahwa kamu tidak bisa matematika adalah pantangan, karena itu bisa mempengaruhi alam bawah sadar kamu. Selain itu, kamu harus cari alasan kenapa kamu harus belajar matematika, kenapa kamu harus bisa matematika. Kalau kamu sudah punya alasan, langkah kamu akan lebih ringan.

2. Jangan berkedip, jangan ijin ke wc

Jujur saja, mahasiswa jurusan matematika saja kalau tidak fokus di kelas bisa tidak paham apa yang sedang dipelajari. Beberapa pengalaman ketika ijin ke wc saat guru menjelaskan berakibat kebingungan dengan apa yang dijelaskan guru. Karena matematika itu sesuatu yang runut dan saling berkaitan jadi kita harus mendengarkan penjelasan guru dengan seksama. Kalau kamu ngantuk, sebaiknya kamu sudah siapkan senjata seperti permen, minyak angin ataupun cubitan teman.

3. Rajin bertanya

Semua guru termasuk guru matematuka senang ketika ada murid yang bertanya. Murid yang bertanya bukan murid yang bodoh tetapi murid yang akan pintar. Karena murid yang bodoh tidak akan mampu mengajukan pertanyaan. Jadi, kalau kamu mau bisa matematika, jangan malu bertanya sehingga guru kamu akan bisa memberikan perhatian lebih kepada kamu.

4. Jangan tumpuk ketidak-mampuan

Kalau kamu punya hal yang belum kamu pahami langsung tanyakan dan coba pahami saat itu. Karena kalau kamu punya 1 saja materi yang tertinggal kemungkinan kamu akan dapat materi-materi lain yang tidak kamu pahami. Ingat materi matematika itu saling berkaitan.

5. Pahami konsepnya, bukan dihafalkan

Pelajaran matematika itu bukan pelajaran hafalan, jadi akan sia-sia waktu dan otak kamu kalau cara belajarnya dengan dihafalkan. Coba kamu pahami konsepnya, darimana rumusnya dan apa maksudnya. Semua itu kemungkinan besar dijelaskan di kelas oleh gurumu jadi stay focus selama belajar ya. Tapi kalau masih belum faham kamu bisa cari video-video penjelasan di youtube atau artikel-artikelnya di internet.

6. Berdoa

Kita ini hanya manusia, kita ciptaan Sang Maha Kuasa, otak kita ciptaan Sang Maha Kuasa begitupun dengan matematika. Jadi, jangan sombong dengan semua usaha kita karena yang bisa memberikan kita pemahaman hanya Tuhan. Berdoalah sebelum dan sesudah belajar matematika, Tuhan yang akan memberikan jalannya.

Nah, itu semua tips belajar matematika dari saya. Semoga bisa dijalani yaa, semangat belajar matematikanya.

Adinda Kamilah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Super Mudah Memahami Kesebangunan Trapesium (part 1) #MathMate

Copy-Paste - Pada bab kesebangunan ada beberapa bangun datar yang umum digunakan, di antaranya kesebangunan segitiga dan jajargenjang. Bisa dikatakan kesebangunan segitiga dan jajargenjang cukup mudah dibandingkan kesebangunan pada trapesium. Ada dua trapesium yang akan diulas di blog ini yaitu trapesium siku-siku dan trapesium sembarang. Trapesium Siku-Siku Bagaimana perbandingan sisi-sisi pada trapesium siku-siku? Biasanya yang diketahui adalah salah satu panjang ruas garis CD atau EF atau AB dan diketahui perbandingan sisi DE dan EA atau perbandingan sisi CF dan FB. Kita bisa gunakan kesebangunan segitiga pada masalah ini. Tambahkan beberapa garis seperti pada gambar di bawah. Sekarang, bisa kita lihat bahwa AQCD membetukmepersegi panjang, akibatnya CD = PE = QA.  Selain itu, segitiga CPF sebangun dengan segitiga CQB. Artinya, kita punya perbandingan sebagai berikut: Jadi, didapatkan persamaan sebagai berikut: atau Bagaimana? Cukup mudah bukan? Contoh soal

Permainan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel #MathMate

Copy-Paste - Suasana kelas belakangan ini sangat lesu, anak-anak tidak terlalu memperhatikan penjelasan dan malas-malasan mengerjakan tugas. Dalam keadaan seperti ini, saya dituntut untuk membangkitkan semangat mereka lagi. Sudah berhari-hari puter otak mencari ide, di kepala, di internet, hasilnya nihil. Eh, suatu malam saat sedang nutor online ada siswa bertanya soal dalam bentuk teka-teki yang cukup menarik. Wah, ilham datang dari mana saja yaa. Ya sudah saya eksekusi, bikin lembar kerja kelompok dalam bentuk teka-teki untuk latihan soal materi sistem persamaan linear dua variabel. Di soal yang siswa saya tanya ada beberapa SPLDV yang tidak tepat jawabannya saya utak-atik sedikit dulu deh.  Begini hasil utak-atik dan ketik ulang teka tekinya. Bisa dibilang levelnya mudah ya.  Bagaimana reaksi siswa saat diberikan tugas ini? Alhamdulillah bersemangat. Karena kegiatannya mandiri dan berkelompok saya persilahkan siswa untuk mengerjakan di luar kelas. Belum saya jelaskan c

Ternyata Matematika Ada dalam Hadits Rasulullah #MathMate

Copy-Paste - Jika kalian berpikir bahwa matematika itu hanya ada di buku maka kalian keliru. Matematika sangat dekat dengan kita dalam kehidupan. Setelah mempelajari matematika ternyata kita dapat 'melihat' matematika dalam berbagai hal di sekitar kita salah satunya pada Hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengenai orang yang bangkrut. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim menceritakan tentang definisi orang bangkrut menurut Islam. Hadits itu berbunyi: أَتَدْرُوْنَ مَا الْمُفْلِسُ؟ قَالُوْا: الْمُفْلِسُ فِيْنَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ. فَقَالَ: إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ، وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا، فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ. فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ، أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ "Tahukah kalian sia